Perbaiki distorsi dan perspektif dengan Photoshop CS2

Salah satu kemudahan dalam fotografi digital adalah kebebasan untuk mengolah foto secara digital memakai software semacam Photoshop. Adakalanya kita menemukan hasil foto yang kurang memuaskan dan perlu dilakukan perbaikan minor, entah karena akibat distorsi lensa ataupun karena teknik pengambilan yang kurang pas. Kali ini kami tunjukkan bagaimana memperbaiki foto yang mengalami distorsi sekaligus mengembalikan perspektif yang tepat memakai software Photoshop CS2.

Distorsi dalam fotografi diakibatkan oleh kelengkungan lensa khususnya lensa zoom. Dua macam distorsi yang ditemui adalah :

  • Barrel distortion : kecenderungan garis menjadi melengkung keluar (terjadi pada posisi wide)
  • Pincushion : garis jadi melengkung ke dalam (terjadi pada posisi tele)

Barrel distortion lebih sering dijumpai karena seringnya kita memakai lensa di posisi wide, dimana foto yang penuh dengan garis tegas seperti arsitektur akan menjadi tidak alami, melengkung dan terkesan tidak profesional. Tingkat kelengkungan ini berbeda-beda untuk tiap lensa, tentunya semakin baik lensa maka semakin kecil distorsi yang dihasilkan.

Perspektif sendiri lebih kepada hasil foto yang ditentukan dari posisi kita memotret terhadap objek foto. Bila kita memotret objek yang lebih tinggi dari kita maka perspektifnya akan berbeda dengan saat kita memotret benda yang lebih rendah dari kita. Kadang-kadang setelah memotret kita merasakan kalau perspektif yang terjadi kurang sesuai dengan yang kita inginkan, untuk itu kita bisa memperbaikinya melalui software.  Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, bukalah foto yang akan diolah di Adobe Photoshop CS2 (atau yang lebih tinggi) lalu cari Filter > Distort >  Lens Correction.

Inilah tampilan slider kendali distorsi  :

distortion-cs2

Dan ini adalah slider perspektif :

perspective-cs2

Contoh foto berikut ini adalah obyek yang memiliki garis tegas yang mengalami distorsi cukup parah, sekaligus secara perspektif juga kurang proporsional karena mengecil di bagian atas. Setidaknya ada dua macam hal yang bisa dilakukan dengan filter “Lens Correction” ini, yaitu memperbaiki distorsi (arahkan slider ke arah minus untuk mengatasi pincushion dan ke arah positif untuk mengatasi barrel). Kami coba lakukan koreksi ke arah positif  sebesar +5.

adsc_2804

Foto berikut menunjukkan hasil setelah dikoreksi dan tampak distorsi yang ada bisa berkurang drastis dan tampak lebih natural. Namun kami masih mendapati kalau foto ini belum memuaskan secara perspektif dan kembali kami lakukan koreksi, kali ini diaturlah nilai perspective ke arah minus sebesar -15. Tidak ada angka pasti, coba-coba saja dan lihat apakah hasilnya sudah memuaskan anda.

adsc_2805

Foto di bawah ini adalah hasil koreksi perspektif dan tampak lebih proporsional dibanding foto aslinya. Mudah bukan?

adsc_2806

sumber: http://kamera-gue.web.id/2010/01/17/perbaiki-distorsi-dan-perspektif-dengan-photoshop-cs2/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: