30 hari Khatam Al Qur’an (Tips+Trik Mengkhatamkan Al Qur’an Selama Ramadhan)

Assalamualaikum wr.wb
Sahabatku Rahimakumullah
Rabu 11 Agustus 2010 ini, Insya Allah kita sama-sama memasuki tanggal 1 Ramadhan 1431 H, dimana kita sebagai orang yang beriman diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan, bulan penuh rahmat dan magfirah dan bulan melimpahnya pahala bagi kita semua. Bulan di mana amal ibadah kita nilainya dilipat-gandakan dan dosa-dosa kita di bakar hingga habis oleh Allah.

Di bulan Ramadhan tersebut juga diturunkannya Al-Qur’an, sebagian menganggap tanggal 17 Ramadhan dan sebagian ulama menganggap turunnya Al Qur’an pada malam Lailatul Qadr tanggal 27 Ramadhan.

Oleh karena itu tidak ada salahnya bila pada bulan tersebut sedapat mungkin kita mengkhatamkan membaca Al-Qur’an 30 Juz walaupun hanya 1x saja. Bila ada yang belum lancar membacanya juga lebih baik lagi karena orang tersebut akan mendapat pahala yang lebih besar lagi di bandingkan dengan orang yang sudah lancar membaca Al-Qur’an, karena selain mendapat pahala membaca Al-Qur’an maka dia akan mendapat pahala berusaha membacanya dan semoga saja ini menjadi sarana latihan agar ke depan membaca Al-Qur’annya jadi lebih lancar.

Tetapi bila ada yang mau, sempat dan bisa khatam lebih dari 1x maka itu akan lebih baik lagi. Imam Syafi’i saja setiap Ramadhan mengkhatamkan Al-Qur’an sampai dengan 60x.

Mari kita perbanyak amalan ibadah pada bulan Ramadhan ini dengan mengkhatamkan Al Qur’an. Jangan membuang waktu sia-sia dengan tidak memanfaatkan kesempatan ini. Jangan tunda-tunda lagi.

Nah, saya hendak berbagi tips+trik agar kita bisa khatam Al Qur’an selama sebulan (minimal selama Ramadhan ini).

Apakah tidak mungkin?

Insya ALLAH mungkin . Silakan ikuti tips dan trik berikut…

  1. Tips dengan Jumlah Juz Al-Qur’an
    Cari Al Qur’an yg dicetak per-juz. Satu juz ~ 11 lembar ~ 22 halaman. Gunakan sistem target, 1 hari = 1 juz. Insya ALLAH dalam sebulan akan khatam juga.

    Al-Qur’an terdiri dari 30 juz yang panjangnya bervariasi. Seperti juz ke 1 yang terdiri dari 2 surah, yaitu surah Al Fatihah dan Surah Al Baqarah hingga ayat 141. Nah jika anda berniat menamatkan satu juz ini dalam satu waktu, misalnya setelah shalat Tarawih, maka anda akan membaca juz pertama hingga ayat 141 ini. Jadi target kita adalah 1 juz setiap hari.

  2. Tips dengan Jumlah lembar dalam tiap Juz Al-Qur’an
    Nah jika anda merasa berat menamatkan 1 juz di satu waktu (misalnya ba’da tarawih), mungkin anda bisa mempertimbangkan tips yang satu ini, yaitu dengan membagi jumlah lembar dalam 1 juz kemudian dibaca ditiap selesai shalat wajib. Dalam Al Qur’an yang umum beredar di Indonesia, rata-rata dalam 1 juz terdapat 9-10 lembar (ada juga yang lebih).

    Nah sebagai contoh jika dalam juz pertama terdapat 10 lembar, dan kita bagi dengan 5 (waktu shalat), maka tiap selesai shalat kita hanya akan membaca 2 lembar saja. Lebih enteng bukan ? Dan pastinya kita juga merasa tidak terlalu berat dan tetap bisa menamatkan 1 juz per hari. Silahkan anda membagi jumlah lembar tiap juz lainnya dengan 5 waktu shalat.

  3. Tips dengan jumlah lembar Al-Qur’an.
    Jumlah lembar di tiap Al-Qur’an berbeda-beda. Sebagai contoh adalah Al-Qur’an yang jumlah lembarnya 604 lebar. Nah agar bisa khatam hingga akhir bulan Ramadhan ini (jumlah hari 29), maka tiap hari saya harus membaca 21 – 22 halaman ( 604 halaman: 29hari = 20.83 halaman). Dan ini bisa saya variasikan diwaktu kapan pun dalam 1 hari tersebut, dengan target 21 lembar perhari harus tercapai.
  4. Jika tidak bisa 11 lembar (21 halaman) sekaligus, bawa selalu Qur’an, dan manfaatkan waktu-waktu luang anda. Misalnya:
    • Saat jam istirahat Kantor/Sekolah;
    • saat macet di jalan
    • menunggu angkutan umum;
    • di dalam kendaraan dsb
  5. Bagaimana kalau Ramadhan tidak 30 hari tapi 29 hari ?
    Ya untuk mudahnya, hari ke 29 anda selesaikan 2 juz dalam 1 hari. Dengan bacaan tartil bisa selesai dalam waktu + 1 jam. Kalau dicicil berarti tiap habis shalat pada hari ke 29 digandakan menjadi 9 – 10 halaman.
  6. Bagaimana untuk wanita yang karena halangan, mungkinkah bisa?
    Memang tidak semudah bagi lelaki untuk mengkatamkan Al Qur’an dalam sebulan. Bagi wanita, mungkin sedikit tips di bawah ini dapat digunakan :

    • Jika tamu datang di awal ramadhan, maka sangat mudah kita mengkhatam Al Qur’an. Tinggal kita hitung aja sisa hari yang dimana kita dapat membaca Al Qur’an, misalkan sisa hari tersebut H. Maka bagi H/30 itulah yang harus kita selesaikan perhari
    • Jika kita tidak tahu kapan tamu datang, maka usahakan membaca lebih dari 1 Juz perhari. Misalkan 1,5-2 Juz. Semakin banyak semakin bagus. Ini sebagai simpanan, jika tiba-tiba tamu tersebut takkunjung berakhir.

Kuncinya sebenarnya lebih ke NIAT Anda, Jika Anda berniat betul-betul ingin mengkhatamkan Al Qur’an, Insya ALLAH bisa tercapai. Semakin banyak lagi halaman Al Qur’an yang bisa dibaca, otomatis bisa lebih cepat mengkhatamkan Qur’an.

Apabila Anda memiliki waktu lebih luang atau kala weekend, Ada baiknya Anda juga membaca Terjemahan atau Tafsirnya atas Ayat-Ayat yang telah Anda khattamkan selama seminggu.

Demikianlah sekedar Tips dan Trik sederhana dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk saya dan anda semuanya.

Selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan dan selamat berlomba mengejar amalan di bulan pelipatgandaan amal ini.

Semoga Allah memudahkan jalan kita menuju kebaikan dan senantiasa merahmati dan meridhai kita semua dan menetapkan iman, islam dan ihsan di hati kita.

Terima kasih banyak. Semoga bermanfaat

Bârakallâhu lî wa lakum, Matur syukran n Terima kasih.
Semoga Bermanfaat ya

Jakarta, 9 Agustus 2010

Billahit taufiq wal hidayah

Wassalamualaikum wr.wb

Imam Puji Hartono/IPH(Gus Im)

“Utamakan SEHAT untuk duniamu, Utamakan AKHLAK dan SHALAT untuk akhiratmu”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: